Social Icons

Friday, July 31, 2009

Ergonomic

Pernah kebayang kah mengenai kesalahan posisi pada saat kita duduk dan melakukakan kegiatan yang tidak banyak bergerak dan lebih terkesan ke arah gerakan yang monoton. Ternyata hal ini jika dijalankan secara terus menerus bisa berbahaya juga bagi kesehatan kita. Dampak ini bener bener terasa pada saat saya mengalami kegiatan Kerja Praktek. Dengan kegiatan yang lebih banyak dihabiskan untuk duduk di depan komputer, secara otomatis anggota tubuh tidak banyak bergerak terlebih lagi apabila posisi duduk yang tidak tepat, maka dapat dipastikan setelah bekerja akan ada bagian tubuh yang terasa tidak enak.

Memang dengan iklim kerja di kantoran yang lebih banyak dihabiskan untuk sedikit pergerakan bagi bagian badan, kita harus tetap menjaga kesehatan tubuh kita. Oleh karenanya, beberapa pemanasan dan peregangan sebelum dan pada waktu waktu tertentu sangat dibutuhkan. Terutama lagi posisi tubuh kita pada saat bekerja, ini menjadi faktor kunci untuk dapat menjaga kesehatan tubuh selama kita bekerja. Semua hal tersebut sudah dipelajari dan dibuat menjadi salah satu prosedur yang cukup menarik dan sering disebut dengan istilah Ergonomic.

Dalam ergonomic terdapat dua bagian pokok yaitu mengenai posisi badan pada saat bekerja dan peregangan/pemanasan untuk angota tubuh. Secara umum, untuk posisi badan, maka sikap yang seharusnya dilakukan adalah memposisikan badan ktia untuk senyaman mungkin, dimana posisi badan yang tegap, kaki yang menapak sempurna, jarak keyboard dan mouse yang ideal merupakan parameter parameter yang ada didalamnya. Hal ini walaupun terlihat sederhana namun memiliki manfaat yang luar biasa, bahkan saya sudah merasakannya sendiri

Sementara itu bagian kedua adalah mengenai pemanasan dan peregangan pada anggota tubuh. Selama kita bekerja di depan komputer, maka dipastikan anggota badan yang aktif bekerja adalah jari jari tangan kita, atau mungkin juga leher kita (untuk ngintip ngintip kesana kemari jika bos lagi ga ngecek,hehe) tapi untuk bagian yang lain pastinya akan lebih sulit untuk digerakkan. Karenanya dibutuhkan gerakan gerakan untuk menghindari ketegangan pada bagian bagian tubuh kita. Ini dapat dilakukan pada periode waktu tertentu dengan durasi yang tidak terlalu lama, hanya beberapa menit. Beberapa bagian yang perlu untuk kita regangkan adalah seputar leher dan kepala (karena lebih banyak untuk melihat ke arah monitor), tangan dan bahu, serta kaki dan telapak kaki. Semuanya dapat dilakukan dengan variasi gerakan yang berbeda, namun dengan tujuan yang sama untuk dapat meregangkan otot dan saraf pada bagian bagian tersebut.

Pada tulisan kali ini saya membatasi tulisan ini pada penejasan umum tentang Ergonomic, mengenai beberapa gerakan yang ada didalamnya mungkin akan dijelaskan lain kali.

-- A.S.H --