Social Icons

Tuesday, February 2, 2010

Inovasi Teknologi Automotif Masa Depan “Ramah Lingkungan dan Kinerja Optimal”


It is appallingly obvious our technology has exceeded our humanity”
Albert Einstein

Pada awal James Watt menemukan teknologi mesin uap, penemuannya dianggap sebagai suatu  ciptaan yang biasa saja atau tidak berguna. Namun ketika James Watt mendemonstrasikan fungsi ciptaannya tersebut untuk kepentingan hidup manusia, barulah banyak orang yang terkagum kagum dan menghargai ciptaanya sebagai suatu karya besar. Hal ini dikarenakan pada saat teknologi tersebut ditemukan masyarakat masih mengandalkan kekuatan fisik untuk mengerjakan pekerjaan sehari hari. Setelah mesin uap mengalami perkembangan yang sangat pesat kemudian teknologi ini mulai digunakan dalam berbagai kegiatan. Salah satu penggunaan teknologi mesin uap ini terlihat dalam bidang transportasi dengan diciptakannya mobil bertenaga mesin uap (steam-powered automobile). Dari penemuan inilah kemudian menjadi dasar perkembangan sistem transportasi sehingga menjadi seperti apa yang kita nikmati saat ini.

Teknologi dalam bidang transportasi, terutama bidang automotif, secara konsisten terus menerus berkembang. Mulai dari penggunaan mesin bertenaga uap menjadi mesin bertenaga bahan bakar,  desain kendaraan, optimalisasi kerja dan banyak bidang lainnya yang menandakan perkembangan positif pada sektor ini. Untuk saat ini perkembangan tersebut dapat kita lihat pada dua faktor, yaitu kemampuan kerja mesin dan efek ramah lingkungan. Kemampuan mesin kendaraan merupakan faktor  penting dalam mengukur dan melihat kinerja suatu kendaraan. Dibutuhkan kinerja mesin yang handal dan kuat untuk dapat digunakan dalam menjalani aktivitas manusia. Sementara itu untuk sisi ramah lingkungan, hal ini sudah menjadi pembahasan penting dalam dunia automotif mengingat semakin tingginya tingkat polusi di dunia.

 Berbagai faktor lain juga bermunculan dalam mempengaruhi proses perkembangan dan inovasi teknologi kendaraan. Semakin tingginya tingkat penggunaan kendaraan menyebabkan perlunya peningkatan pada faktor keselamatan, efisiensi energi, kinerja, kehandalan dan ramah lingkungan yang diterapkan pada kendaraan. Faktor keselamatan diperlukan untuk menjaga tingkat keselamatan pengendara apabila terjadi kecelakaan. Bila sebelumnya sudah terdapat perlindungan dengan penggunaan seatbelt yang kemudian didukung dengan perkembangan teknologi airbag  maka perkembangan teknologi berikutnya memungkinkan untuk menjadikannya semakin sempurna. Selain itu, faktor kehandalan dan kinerja juga menjadi faktor yang harus dikembangkan. Hal ini dikarenakan keperluan terhadap kendaraan yang memiliki kinerja bagus (seperti faktor kecepatan) dan kehandalan semakin dibutuhkan. 

Faktor ramah lingkungan juga harus menjadi poin yang harus diperhatikan. Mengingat tingkat polusi yang semakin tinggi di bumi ini maka kehadiran kendaraan yang ramah lingkungan dengan nilai emisi yang kecil atau bahkan nol (zero emission) mutlak diperlukan. Hal ini harus sudah mulai dikembangkan dari sekarang. Disamping itu, faktor efisiensi energi kendaraan juga dapat dikaitkan dengan hal tersebut. Mengingat kendaraan yang digunakan saat ini masih mengandalkan bahan bakar, maka diperlukan teknologi untuk dapat meingkatkan level efisiensi energi. Disinilah peran inovasi dan perkembangan teknologi diperlukan untuk menjamin masa depan yang lebih baik.

Inovasi dan perkembangan automotif yang terjadi di masa depan pun tampaknya tidak terlalu jauh dari faktor faktor yang disebutkan sebelumnya. Semua faktor tersebut akan menjadi dasar dalam mengembangkan atau menciptakan teknologi baru yang akan digunakan dalam dunia automotif masa depan. Selain itu, perkembangan teknologi yang ada pun mendukung untuk menjadikan faktor faktor tersebut terelealisasikan dalam dunia automotif. Sehingga nantinya akan muncul produk produk automotif “impian” yang mampu menggabungkan faktor faktor tersebut.

Dalam imajinasi penulis, dunia automotif masa depan akan banyak dipenuhi oleh produk produk yang ramah lingkungan dengan tingkat kinerja yang tinggi. Hal ini telah didukung dengan perkembangan teknologi yang tinggi, terutama perkembangan teknologi semikonduktor dan power conversion, sehingga terciptanya produk automotif yang berdasarkan sumber renewable energy dengan tingkat polusi rendah atau nol emission akan dapat terlaksana. Penggunaan teknologi solar cell dan hybrid pun tampaknya akan menjadi salah satu tulang punggung untuk mendukung terciptanya kondisi tersebut. Sebagai hasilnya, hal ini akan berdampak terhadap turunnya tingkat konsumsi bahan bakar fossil di dunia dan mendorong terciptanya dunia yang lebih hijau.

Perkembangan dalam bidang telekomunikasi dan IT juga ikut berperan dalam proses perkembangan dunia automotif masa depan. Dengan tingkat teknologi  telekomunikasi dan IT yang berkembang sangat pesat, memungkinkan untuk menghasilkan produk produk automotif yang mampu mensinergiskan antara faktor kinerja, ramah lingkungan dengan tingkat kenyamanan penggunanya.  Penggunaan teknologi positioning location dan automatisasi dipercaya akan dapat terwujud sebagai bentuk pengaruh tekologi dalam bidang telekomunikasi dan IT.

Oleh karena itu, dengan tingkat perkembangan teknologi yang semakin berkembang pesat memungkinkan untuk terwujudnya inovasi inovasi baru dalam dunia automotif. Perkembangan dan inovasi ini mampu untuk menghasilkan produk produk “impian” dunia automotif dan menuju ke arah kehidupan yang jauh lebih baik. Jika dahulu manusia hanya berangan untuk memiliki  kendaraan yang “tidak” menggunakan bahan bakar dan mampu berjalan secara automatis, maka impian tersebut tampaknya dapat terwujud di masa depan. Karena saat ini teknologi sudah mampu melampaui batas kemanusiaan.

1 comment:

Artikel Teknologi Ramah Lingkungan said...

Great. Di Indonesia sendiri isu pengembangan mobil ramah lingkungan semakin mencuat dgn mengambil model mobil tenaga listrik. Meski masih terkendala pengadaan baterai sbg penyuplai energi, smg tak menjadi alasan utk mengurungkan niat ini.