Social Icons

Wednesday, December 8, 2010

Pameran Kelistrikan Indonesia 2010

Pada penghujung Oktober tahun 2010, penulis berkesempatan untuk hadir pada sebuah acara nasional yang bertajuk "Pameran Kelistrikan 2010" di daerah Gelora Bung Karno, Jakarta. Pameran kelistrikan yang diselenggarakan oleh PLN sebagai "empunya" listrik di Indonesia, menghadirkan sebuah wahana baru untuk mengenalkan pada berbagai stakeholder dalam bidang kelistrikan dan energi.

Dalam acara ini, banyak pihak ikut serta untuk dapat menyampaikan informasi dan juga menjalin hubungan dengan berbagai pihak yang bergerak di bidang yang sama. Dengan format berupa stand - stand, beberapa perusahaan selain menampilkan mengenai profile perusahaan dan project yang sedang dikerjakan, terdapat beberapa stand yang menampilkan perkembangan bidang R&D milik mereka untuk memenuhi kebutuhan sektor kelistrikan di Indonesia. Selain itu juga terdapat beberapa stand yang menampilkan CSR dari perusahaan - perusahaan listrik dan energi yang beroperasi di berbagai daerah di Indonesia. Mereka menampilkan aneka kerajinan, budaya, serta beberapa produk yang mereka pasarkan, sehingga menambah variasi stand yang ada.

Salah satu stand yang menarik (menurut penulis) adalah stand yang menampilkan inovasi teknologi yang digunakan oleh PLN. Beberapa diantara karya yang ditampilkan seperti, laboratorium mini untuk masalah P2TL, robot pembersih saluran transmisi dan distribusi, pengaman komponen komponen saluran transimisi dan distribusi, dan lain - lain, memberi aroma tersendiri pada sisi inovasi. Hal ini dikarenakan, dari sisi penulis, inovasi ini mampu mengurai dan membantu menjadi solusi permasalahan yang umum bidang kelistrikan. 


Selain itu, solusi yang ditawarkan pun terkesan memiliki konsep sederhana, seperti alat bernama Mantra Ibu (Pengaman Trafo Distribusi). Dengan nama yang "mentereng", alat ini bertujuan sebagai pengaman komponen trafo pada saluran distribusi dengan dilengkapi kemampuan untuk pemonitoran online dan pengaturan jarak jauh. Konsep ini akan beroperasi, ketika trafo mengalami permasalahan yang kemudian akan dapat dimonitor dan menyampaikan informasi secara online yang berikutnya dapat diambil keputusan untuk mengatasinya atau sesuai dengan operasi yang telah ditanamkan sebelumnya. Alat ini diharapkan dapat menignkatkan operasi dan juga kenyamanan terutama pada sisi perawatan dan pengecekan.

Selain stand - stand dari perusahaan, pada acara ini juga terdapat rangkaian acara berupa seminar atau talkshow terkait kelistrikan nasional serta peresmian program satu juta sambungan yang dilaksanakan oleh PLN. Yah, satu juta sambungan, merupakan salah satu program "sensasional" yang dilakukan oleh PLN dengan berusaha melakukan penyambungan listrik kepada konsumen sebanyak satu juta pelanggan di seluruh Indonesia per satu hari. Sebuah program, yang beberapa pihak menilai merupakan salah satu langkah yang menunjukkan peningkatan kinerja dari sang "raja kelistrikan" Indonesia ini.

Dan akhirnya perjalanan menikmati pameran ini diakhiri dengan bingkisan 2 majalah Listrik Indonesia (yang seharusnya dijual, tapi diberikan gratis) oleh mbak - mbak penjaga stand :D

2 comments:

Belly SUrya Candra Orsa said...

Great Blog..!!!! Keep Blogging.... :)

College of Science qassim said...

I'm really enjoying the design and layout of your website.
Qassim & QU