Social Icons

Sunday, April 21, 2013

Tracking Kawasan Hutan Lindung Sungai Wain

Kawasan Hutan Lindung Sungai Wain adalah salah satu objek wisata di daerah Balikpapan. Lokasi Kawasan Hutan Lindung Sungai Wain terletak di jalan antara Balikpapan menuju Samarinda di km. 14. Setelah berada pada km.13 silahkan memelankan kendaraan anda untuk berbelok ke arah jalan menuju Kawasan Hutan Lindung Sungai Wain. Sayangnya tidak ada papan penunjuk jalan yang jelas untuk ke area Kawasan Hutan Lindung Sungai Wain ini.

Karena gambar menjelaskan lebih banyak dari pada kata - kata, saksikan sendiri gambar ini untuk melihat betapa menariknya Kawasan Hutan Lindung Sungai Wain :

Pertama kali datang ke Kawasan Hutan Lindung Sungai Wain setelah bertemu dengan penanggung jawab disana sekaligus guide untuk masuk ke wilayah tracking. Ada 2 trayek untuk tracking pertama dengan jarak dekat dan jarak jauh. Tracking bisa selesai selama 3 jam dengan kecepatan normal dan sambil menikmati pemandangan dan area tracking Kawasan Hutan Lindung Sungai Wain.

Ini adalah gerbang dari area tracking Kawasan Hutan Lindung Sungai Wain. Awalnya kita berpikir bahwa gerbang ini adalah tempat masuk untuk mulai tracking. Tapi ternyata gerbang ini adalah tempat keluar setelah tracking Kawasan Hutan Lindung Sungai Wain. 



Masuk ke wilayah tracking Kawasan Hutan Lindung Sungai Wain kita berada pada area waduk dan sungai Wain itu sendiri. Dahulu terdapat area tracking untuk menyusuri Sungai Wain akan tetapi karena pernah ada kematian salah satu penduduk akibat di makan oleh buaya area tracking tersebut di larang sehingga yang saat ini tersedia hanya area tracking Kawasan Hutan Lindung Sungai Wain untuk bisa masuk ke dalam hutan.

Nah akhirnya masuk hutan juga dan petualangan dimulai. Seperti gambar di atas, ini adalah gambaran  tracking Kawasan Hutan Lindung Sungai Wain. Untungnya kita dapat menyewa sepatu boot yang memang cocok unutk melalui area tracking ini (mengganti sendal jepit dan sepatu yang kita pakai dari Balikpapan). Kalau beruntung selama perjalanan kita bisa melihat beberapa hewan yang ada di Kawasan Hutan Lindung Sungai Wain ini, baik yang memang hasil penangkaran ataupun masih liar (walaupun kalau yang liar hanya bisa dilihat dari jauh, karena secara natural mereka pasti akan menghindar ketika bertemu manusia). 



Akhirnya kita berhasil menaklukkan area tracking Kawasan Hutan Lindung Sungai Wain.



4 comments:

aquarief said...

ini keren bgt mas. Dari blog ini sy kmrn akhirnya mmasukkan hutan lindung sungai wain dlm list jelajah alam balikpapan. Tapi sayangnya waktunya ga cukup, krn cm punya wktu shari dan hbs eksplore bukit bangkirai.

aquarief said...

ini keren bgt mas. Dari blog ini sy kmrn akhirnya mmasukkan hutan lindung sungai wain dlm list jelajah alam balikpapan. Tapi sayangnya waktunya ga cukup, krn cm punya wktu shari dan hbs eksplore bukit bangkirai.

tued619 said...

mantap gan.
untuk menikmati tracking tour di sumatera barat silahkan hubungi kami di sini

AR Amelia said...

punten...permisi mhn ijin share info ini di blog saya untuk promosi wisata dan penginapan. Sumbernya akan saya sebutkan dan berikan link nya ke blog ini. salam kenal ya mas. terimakasih,